yuk kita membuat flashcard sendiri :)

beberapa tahun lalu mencari flash card di pasaran (di indonesia tentu saja), masih agak sulit.. nah kala itu saya masih mengajar anak anak di sekitar rumah, dan anak anak kan suka ya jika kita menjelaskan dengan gambar :)

maka saya mulai putar akal, sebenarnya juga supaya murah sih modal nya, selain susah mendapatkannya...maka sayapun membuat sendiri flash card dan story telling card...caranya bagaimana?




pertama siapkan karton atau kertas tebal ya... :) ini bisa di peroleh dimana saja, kalau mau irit dan menerapkan prinsip recycle, pakai bekas kertas undangan juga bisa..., atau berkas kardus makanan seperti susu...

lalu gambarnya? nah biasanya saya menggunting dari majalah anak anak, cuma karena saya memang sayang kalau merusak majalah baru, jadi saya membeli yang loakan saja, lumayan murah kok... dari situ, gunting gambar dan tempelkan di kertas karton :)

temanya? terserah saja, bisa mengenal warna, perbandingan besar dan kecil, atau binatang darat dan laut, transportasi...wah banyak...



lalu kalau story telling card biasanya saya menggunting gambar cergam, seperti di bobo, kan ada bona dan cergam cergam pendek lainnya, nah ini di gunting hanya gambarnya saja..., ndak usah pakai teksnya, hanya di bagian belakang karton kita tandai urutannya, meskipun kalau salah salah urutan juga ndak apa apa, anak anak sudah bahagia kok kalau kita mendongeng buat mereka...

kalau ibu capek, coba tips yang sering saya pakai dengan keponakan dan sepupu sepupu kecil saya *karena saya belum punya anak * kita berganti peran, anak anak biar jadi ibunya dan kita jadi anaknya, biar mereka belajar bercerita pada kita...

ok selamat mencoba semoga sukses yaaaaa
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...