JB JB : join bareng dan networking :)

catatan : tulisan ini saya tulis sebelumnya sebagai note, dan akhirnya saya tulis di blog ini sambil berharap akan banyak yang membaca dan bisa memberi lebih banyak manfaat, beberapa kata saya rubah untuk memudahkan pemahaman tanpa merubah maksud awal dari penulisan ini :) 
Selamat membaca :) 



sudah lama ya ndak cerita tentang dunia perbakulan lengkap dengan tips atau trik2nya :) sebelumnya ketimbang saya dipertanyakan tentang arti "bakul anyi anyi", maka ini penjelasannya ya :) kenapa saya memilih kata "bakul" sebagai profesi saya? bukan pedagang atau bukan yang lain? alasannya : karena mbakul itu njawani, dan terkesan sederhana, ndak terlalu wah dan memang begitulah keadaan saya, saya kan memang mbakul kecil kecilan :) modal kecil, yang dijual barang barang kecil dan agak remeh temeh dengan skala kecil juga :) lalu kenapa ada sebutan "anyi anyi"? penjelasannya : anyi anyi ini bisa dikatakan jual mahal, jadi antara menjual dan tidak menjual bisa jadi ndak jelas batasannya, kadang jualan kadang ndak jualan, dan yang menyebablan ke-anyi anyian saya bukan semata mata kemalasan, tapi kadang masih eman (sayang *jawa) pada barang dagangannya, mau dilihat lihat dulu, kadang juga ndak sempat jualan karena kesibukan yang agak kurang jelas, misalnya menemani suami cuti, atau ada urusan keluarga atau ada pesanan :) ya kurang lebih begitu lah :) anyi anyi yang berdasar :) hahahaha jadi bisa di bilang juga bahwa anyi anyi ini menunjukkan bahwa saya ini "bakul amatir" :)) seperti petinju amatir begitulah, ndak semata mata berpenghasilan dari mbakul :)

nah lanjut ke hal yang ke2, yang saya tulis, akhir akhir diantara teman sesama bakul muncul istilah JB JB :) istilah ini diperkenalkan oleh mbak eka, lho bukan hanya syahrini yang bisa membuat kata dan menjadi tenar :) makanya jangan kaget kalau yang follow twitter saya sering mendengar kata JB JB :)

JB JB ini artinya Join Bareng :) ya sebenarnya bisa dibilang networking kalo bahasa kerennya :)

sekarang pertanyaannya kenapa para bakul harus JB JB :) ? nah ini yang mau di jelaskan :) tapi penjelasannya tetap saja seperti penjelasan yang sering saya buat ya, kalo agak banyak guyonnya ya sepurane sing akeh (mohon maaf yang sebesar besarnya *jawa) :))

kenapa kita perlu JB JB atau networking? kalo ditanya seperti itu, ya jawabannya perlu lah, urip nang dunia kan ndak dewean, kita hidup di dunia kan ndak sendirian, saya sering menulis bahwa banyak teman banyak rejeki, mungkin ada yang ndak percaya ya, pasti sanggahannya : "ya kalo temannya ndak belanja opo yo ndatangkan rejeki" maksudnya kalau temannya ndak belanja dagangan kita, apa ya mendatangkan rejeki?  :) nah buat yang berpikir begini maka bisa disimpulkan bahwa anda masih menganggap rejeki iku mung duwik thok, rejeki hanya berupa uang saja :) ini rodok soro, agak berat, karena rejeki itu termasuk kesehatan, kebahagiaan, dan masih banyak lagi :) lha makanya saya bilang banyak teman banyak rejeki, ya goblok2annya kita bertemu teman ngobrol2 tukar pikiran, tanpa terasa kan kita bisa belajar dari pembicaraan teman, dari sekian banyak panjang lebar pasti ada ilmu yang bisa di pelajari kecuali pembicaraannya memang ngedabrus ndak karu karuan, pembicaraan yang ndak jelas juntrungannya, yo kalau begitu sih ya...ndak taulah mau di komen apa  :)) maka dari pembicaraan kita bisa belajar, kita dapat rejeki ilmu :) kalau tidak pun, kita bisa dapat rejeki riang gembira :) kecuali yang berbincang sama sama menggalau dengan tidak jelas :))

maka dari JB JB akan banyak ilmu, akan banyak info dan akan banyak kegembiraan, dan kegembiraan itu juga berpengaruh lho ke proses pembakulan, terutama yang bakulannya atau jualannya butuh proses kreatip, bayangkan jika mbakul trus sumpek dan tidak gembira, moodnya jelek apa ya bisa bikin bikin berkarya sesuatu yang bagus :)

JB JB juga berfungsi sebagai upaya bersatunya bakul bakul, saling membantu saling bahu membahu dan berkongsi, kalau memang bisa berkongsi :) jadi misalnya ada order yang terlalu banyak ya silakan saja JB JB dengan teman teman yang kita kenal dan cara kerjanya cocok dengan kita, atau minimal kalau membakul ditanya stok dan kita ndak punya, ya rekomen saja siapa temannya yang ada stok, saya pribadi biasanya begitu, kalo saya ndak mampu saya akan kasih info ke pelanggan siapa siapa yang kira kira bisa membantu :) kadang menginfokan teman ini timbul kekhawatiran, takutnya rejeki teman lebih banyak, takutnya pelanggan ndak mbalik ke kita lagi dan seribu ketakutan yang lain :) nah buat kita, ojo kuatir, jangan takut :) berbuat baik itu ndak akan marakke rejeki tertutup, kata ibu saya kalau kita melancarkan rejeki orang, eh syapa tau Allah berkehendak untuk melancarkan semua urusan kita :) dan kalau perkara pelanggan pindah yo ora popo tho? ya biarkan saja pelanggan pindah :) syapa tau Allah menggantikan pelanggan buat kita lebih banyak lebih apik dan lain lain :) jadi kekhawatiran itu ndak perlu lah :)

selain itu JB JB itu juga butuh upaya aktif kita, jadi bisa saja kita tawarkan jasa kita ke teman, misalnya : "mbak aku mau lho kalau ada kerjaan", lalu ceritakan pastinya jenis kerjaan yang bisa anda handle dengan baik, lingkup kerjanya seperti apa dan kendala kendala yang bisa terjadi jika ber JB JB dengan anda :)

sampai disini, mungkin JB JB terasa gampang dan mudah, tapi sebenarnya ada etika juga dalam ber JB JB :) seperti kita harus respek dengan teman JB JB kita, tidak semua curhatnya merupakan ajakan JB JB, misalnya teman cerita kesulitannya dalam berbisnis, ya dengarkan dulu jangan langsung towo towo maksa mau menawarkan bantuan :) karena ndak semua orang kalo bercerita itu butuh solusi :) kadang ya angger cerita curhat biasa wae, cuma sekedar kepengen cerita :) trus selain respek kita juga harus terbuka, kalo saya cendrung memilih cerewet di awal dan bertanya ini itu ketimbang setelah JB JB ada omongan di belakang, yang inilah itulah :) jadi JB JB harus jelas, mau joinan dalam hal apa dan seterusnya dan seterusnya :) yang terakhir, jika JB JB ini berkaitan dengan uang, nah ini lebih seru lagi :) maka saya sarankan HARUS menggunakan dokumen, menggunakan pencatatan dan kedua belah pihak harus sama sama memiliki catatan :) lho siapa tahu satunya ketlisut jadi kan ada back up :) lainnya? JB JB adalah bentuk hubungan equal :) sama dan sejajar, podo butuh e, jangan sampai yang satu merasa lebih penting dari yang lain :) karena saat JB JB itu kedua belah pihak sama penting :) sama sama butuh :) jadi kudu sama sama memaklumi dan sama sama tepo seliro :)

tips lain? wah yo sakmono disik ya :) bakule nulis iki wae wis kemringet jes hahahaha :))

selamat ber JB JB ya :) seperti yang saya sering bilang bersatulah para bakul indonesia :) dan sesama bakul dilarang saling menyacati hahaha :))








Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...