bad craft day :)

mungkin sebenarnya ndak ada ya kalimat "bad craft day" secara umum dipakai orang. kalimat itu saya adaptasi dari "bad hair day", sebuah ungkapan yang menggambarkan bahwa "betapa menyebalkannya ketika rambut kita ndak bisa terlihat apik" meskipun kemudian penggunaannya meluas untuk menggambarkan "sebuah hari dimana semuanya kok ndak karu karuan" pokoknya rasanya jadi uring uringan, mood merosot dan bawaannya "BT abis" kata anak anak remaja :)


yang gagal


setelah mencoba berkali kali  

lalu apa hubungannya bad hair day dengan bad craft day? saya sih asal asalan saja menulis kalimat itu, untuk menggambarkan hari yang buruk bagi seorang crafter :) hari bencana hari menyebalkan dan woooo... pokoknya hati ini bisa jadi remuk redam karenanya :)

apa yang membuat crafter remuk redam? kalau saya pribadi karena apa yang saya pikirkan kemudian tuangkan ke dalam proyek craft, tidak berjalan dengan mulus, jadi ketika muncul ide, mulai sketch, memikirkan bahan, teknik pembuatan dan seterusnya dan seterusnya, lalu dilanjutkan dengan pengerjaan...ternyata hasilnya... jauuuuuh dari harapan :) kalo boleh meminjam istilah suroboyoan, yang paling tepat adalah kata "nggeletek"  yang berarti ndak sesuai dengan yang diangan angankan :)

yang gagal :D
 yang (dianggap) berhasil

kalau saya ditanya, apakah saya pernah mengalaminya? maka saya akan menjawab dengan senyum yang paling lebar dari yang bisa saya buat sambil berkata "sering............. :D"

lalu dari kesimpulan saya, biasanya bad craft day ini pasti dikarenakan :
"ide yang terlalu nyentrik tapi pengetahuan akan bahan dan peralatan craft masih kurang mumpuni dan atau pembuatan dummy :D"
jadi intinya karena kurang latihan, kurang pengalaman atau kurang keahlian  :)
dan biasanya bad craft day ini akan menimpa pada kita ketika membuat produk baru, mencoba sesuatu yang baru, teknik baru, bahan baru  atau alat baru :)

nah kalo saya kemudian ditanya, kalo sudah gitu gimana dong mbak? ya coba lagi..., lah memangnya mau diapain? :) ya kita cari referensi, tanya kanan kiri dan mencoba membuat lagi :) apalagi sekarang dengan modal google kita rasanya bisa merengkuh dunia :) jadi ndak masalah kan?

buat saya pribadi, craft bad day itu biasa, malah saya menganggapnya sebagai pemicu saya untuk banyak latihan lagi, sering mencoba lagi, meng-eksplor lagi bahan dan alat dan memperbanyak jam terbang dengan mencoba macam macam :) saya juga yakin kok crafter handal pun pasti pernah mengalami kegagalan, pernah mengalami "karya yang ndak sesuai dengan harapan" tapi semuanya memang bukan masalah ;)
craft ini sama saja dengan kehidupan :) ketika gagal ya kita tetap berusaha :) tetap semangat, karena semangat adalah modal utama crafter :) mau new bee, mau handal semua harus tetap semangat, seperti yang sering dikatakan keponakan saya ketika saya sedang kecewa dengan hasil craft "coba lagi atuuuuh cun... c3mun9uds yah cucun..." 

maka saya juga akan berkata pada teman teman yang lain c3mun9uds yah.... :))


PS : foto2 diatas ada adalah contoh kegagalan dan kesuksesan yang saya dapat setelahnya dengan mengembangkan dan melatih berkali2, meskipun ada juga yang "gagal maning gagal maning" seperti samson dan pam pam di film tuyul dan mbak yul :))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...