yo yo flower ---> bunga cempluk

mungkin teman teman sudah banyak yang tahu tentang bunga perca atau fabric flower, dan tentang fabric flower dengan teknik yoyo juga sudah saya singgung di tulisan saya sebelumnya. dan sekarang mumpung saya belum ribet, saya akan menuliskan tentang "bunga cempluk", maksudnya bunganya ini gemuk, ginuk ginuk atau gendut kurang lebih seperti yang membuat lah :)


bunga cempluk ini menggunakan teknik yoyo juga, cuma supaya bentuknya lebih "dapet" kata anak sekarang, maka saya tambah sedikit dakron :) jadi bunganya bisa empuk empuk dan terkesan timbul.

terus terang ide ini saya pikirkan setelah saya membuat fabric flower dengan metode yoyo, dan sepupu saya kepinginnya bukan dibuat bros, melainkan kalung. kalau bros agak flat memang bagus sih, tapi kalo kalung dengan model collar yang diikatkan ke leher, kesannya akan lebih manis kalau timbul dan cempluk :)
maka saya buat lah  model cempluk itu tadi :)

caranya mudah kok, sama saja dengan yang fabric flower dengan teknik yoyo, cuma bedanya ada isinya :)
tapi kalau mau lebih jelas saya uraikan lagi saja disini ya :)

bahannya :) kain 6 lembar, dakron 6 bulatan kecil dan benang :P

 
setelah kain di jelujur, diisi dakron

kemudian ditarik dan dijahit untuk mengunci  

digabungkan semua mahkotanya

 jahit silang menyilang antar mahkota 

 sudah siap untuk dipasang sarinya

bunga siap digunakan :)

catatan :

  • dakron yang dimasukkan tidak perlu terlalu banyak, karena fungsinya hanya untuk membentuk mahkota bunga.
  • sari bunga, bisa menggunakan kancing, atau yo yo puff, tapi yoyo puff untuk sari sebaiknya lebih padat ketimbang mahkota, bisa juga menggunakan yoyo puff dari flanel
  • ukuran diameter lingkaran antara sari dan mahkota dibuat agak sedikit berbeda ya :)

pada foto ilustrasi di bagian awal tulisan, saya menggunakan manik benang untuk sarinya  :)
nanti tips membuat manik benangnya di posting berikut ya... 

selamat mencoba teman teman :) 




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...