kirigami : kerajinan kertas yang menyenangkan :)

tadi malam, tiba tiba saya mendapat pesan dari keponakan saya,
"cun, bisa ajarin bikin orang yang berderet deret nggak"
dan saya menjawab, "yang kertas di pola trus digunting kan?" 
"iya cun, yang lucu lucu, panjang gak keputus, soalnya aku pasti salah dan keputus"


maka sayapun segera membuat tutorial sederhana untuk keponakan saya :) sambil merasa senang...rasanya, karena dia juga ndak jauh jauh dari tantenya, suka bermain main dengan kertas :)

oh iya sebelum ke tutorial, mungkin perlu diberi gambaran, bahwa kirigami bukan sesuatu yang baru, kita pasti mengenal menggunting dan menempel saat masih di taman kanak kanak, dan menyenangkannya kirigami ini memang benar benar penuh kejutan :)

dulu ketika saya kecil dan merasa bosan saya akan meminta kertas pada ibu saya, kemudian mengguntingnya tanpa pola dan menanti kejutan setelah lipatannya di buka :)
seperti sulap atau sihir, begitu pikiran saya saat kecil.

nah kirigami ini menyenangkan buat kita bermain main dengan anak :) dengan catatan jika anaknya masih belum pandai menggunakan gunting, tolong diawasi dengan baik  :)

dan inilah kirigami yang saya ajarkan pada keponakan saya tadi malam :) semoga bisa membantu memberi gambaran :)

  • saya menggunakan kertas a4 yang dibagi 2
  • dilipat menjadi 4 bagian 
  • dibuat pola 
  • digunting



dan inilah hasilnya :D



atau mau yang melingkar :)
  • kertas a4 dilipat pada sumbu menjadi 8 bagian
  • digunting 


dan inilah hasilnya :D


untuk catatan

  • saya lebih memilih memasukkan ini sebagai kirigami, karena pada kirigami (seni menggunting kertas dari jepang) pada umumnya langkah awal sebelum menggunting adalah melipat kertas dan pola pola kirigami umumnya berbentuk simetris :) 
  • selain di jepang paper cutting juga dikenal di berbagai negara, untuk lebih jelasnya silakan klik tautan berikut :)

selamat mencoba :) 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...