mini origami - origami patchwork

origami buat saya adalah hiburan, selain itu juga sebagai sarana menyenangkan tamu tamu cilik yang kadang berkunjung :) sedangkan pengenalan origami buat saya sih sudah sejak dari kecil, meskipun saya belum menyebutnya sebagai origami, ibu saya mengajarkan saya membuat kapal dari kertas, itu origami pertama saya, dan sebagai mana anak anak seusia saya, saat saya di taman kanak kanak, rasanya pelajaran melipat kertas sangat familiar, dan saya ingat, setiap pelajaran melipat, saya selalu berusaha mendapatkan kertas yang berwarna orange/jingga karena saya suka :)


sampai sekarang saya masih sering melipat, terutama saat jenuh atau sedang istirahat membuat craft, atau  karena sedang ndak ada ide. menurut hemat saya, setelah berkutat untuk mendatangkan ide ide segar, sesekali bolehlah kita tanpa ide, mengerjakan sesuatu yang kita suka, mak plek sak plek plek nya, menggunakan diagram atau petunjuk orang lain, dan itu saya dapat dari origami :) karena itulah saya memilih origami yang simple, dengan ukuran kertas bujur sangkar :)

sejak dahulu juga saya suka dengan yang mini mini, agak mengherankan karena ini tidak sejalan dengan size saya :D tapi ndak tau lah, sejak dulu saya terking kiung (jatuh hati) dengan barang cipul cipul (mungil) termasuk origami :)

maka seringkali, ketika tertarik dengan sebuah bentuk atau desain origami, sebagai percobaan saya akan membuat dengan kertas ukuran 15x15cm, sampai dirasa sempurna. selanjutnya saya membuat lagi design yang sama untuk menguji ketahanan tangan dalam membuat lipatan pada ukuran kertas yang lebih kecil.  kadang saya dibantu dengan kartu voucer pulsa, soalnya enak untuk membantu membuat lipatan pada kertas kecil :) biasanya semua akan berakhir di kertas 5x5cm atau kadang 3x3cm jika lipatannya tidak rumit :) alasannya ya karena senang, dan karena kebanyakan origami saya kan untuk hiasan kartu atau pembatas buku :)

maka kemudian mengikuti istilah yang sedang trend sekarang, saya pun menyatakan bahwa saya penggemar mini origami, atau minigami, yang penjelasannya sering kali diartikan sebagai origami yang dibuat dari kertas kertas kecil dan biasanya (meskipun tidak seluruhnya) digunakan sebagai hiasan kartu atau pembatas buku atau scrapbook :)

selain mini origami, sejak beberapa waktu yang lalu saya juga tertarik dengan origami patchwork (beberapa menyebutnya origami quilt) menyusun bentuk bentuk origami sehingga menjadi bentuk geometris, menarik karena origami patchwork ini menggabungkan antara : macam lipatan, komposisi lipatan, motif kertas dan warna, beberapa memang ada yang rumit, tapi saya tetap saja memilih yang simple, saya menggunakan lipatan sederhana, menggabungkannya dengan cara menyusun berjajar, dan hanya bermodalkan motif kertas saja :) jadi kalau dikatagorikan, dalam menekuni origami, saya ini memang masih beginner :) yang masih berkutat dengan lipatan lipatan sederhana :)

ada yang tertarik untuk bermain origami? ndak susah kok :) banyak bentuk bentuk gampang yang bisa ditaklukkan sebagai permulaan :) yang penting semangat dan tekun saja :) dan jangan khawatir dan rendah diri jika kita hanya bisa melipat lipatan sederhana karena yang terpenting kita senang melakukannya,

buat yang ingin melihat contoh hasil lipatan saya, silakan klik disini ya, beberapa sudah saya sertakan diagram, sebagai bentuk antisipasi jika teman teman ingin mempraktekkan :)

jadi tunggu apa lagi? :) ayo kita mulai melipat :))

PS : pinwheel diagram klik disini ya :)





Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...