senior yunior : mari kita belajar bersama :)

saya adalah orang yang menyetujui semua yang berkaitan dengan tingkatan, baik senioritas, superior dan jenjang jenjang yang lainnya, namun akan berbeda jika kemudian yang senior/superior dianggap sebagai dewa, tidak pernah salah dan selalu benar :) untuk yang ini saya sepertinya harus sedikit mengkoreksi :) maka senior menurut saya adalah, seseorang yang memiliki kelebihan dalam bidang keilmuan, usia atau pengalaman, dan sebagai yunior atau yang sedikit ilmu, usia atau pengalaman hendaknya menghargai pada yang berlebih itu :)



pengalaman memang sesuatu yang mengambil peranan dalam banyak hal, salah satunya adalah bidang craft yang saya cintai sejak saya masih kecil, maka kalau ditanya sejak kapan saya menggeluti craft jawabannya ya sudah sejak lama, dan karena usia saya sekarang yang sudah ndak muda lagi, maka bisa dikatakan bahwa : iya saya memiliki pengalaman (rentang masa) yang bisa jadi lebih banyak dari mereka yang baru berkecimpung di dunia craft :)


lalu bagaimana dengan skill dan keahlian :) nah disini letak masalahnya :) saya sebagai orang yang sudah lama berkecimpung di dunia craft sama sekali ndak beranggapan bahwa saya sudah mumpuni, sudah empunya craft atau sudah jadi dedengkot :) lalu kemudian jika saya dianggap selalu bisa dan hebat dan selalu tahu apapun juga...ya repot :) wah kalau sudah begini bisa tekor saya hahahaha :)

di dalam craft, pengalaman yang banyak belum tentu berbanding lurus dengan skill atau penguasaan dalam satu bidang, karena dalam craft kita mengenal beberapa crafter generalist, yang bisa diartikan sebagai mempelajari nyaris semua craft tapi tidak mendalami dengan seksama, ada pula spesialist, mendalami satu bidang, memahami dan mengerti seluk beluk namun hanya terbatas beberapa jenis craft dan tidak banyak macamnya :) meskipun ada juga yang mendalami banyak craft dan berhasil semuanya, hanya saja yang begini ya termasuk langka :)

nah kebetulan saya termasuk yang general, secara umum saya paham beberapa jenis craft, pernah mencoba dan bermain main dan mempelajari (ini berkaitan dengan tulisan saya sebelumnya) maka ya jangan kemudian dianggap hebat dan selalu bisa :) karena ini juga bisa berdampak buruk buat saya, nanti saya jadi ndak njejek lemah, ndak membumi dan emoh belajar :)

lalu bagaimana dengan pemula? saya tidak pernah mempermasalahkan pemula atau ahli atau spesialist atau generalist, karena craft ini berkaitan dengan keinginan, kesenangan dan ketekunan, jangan dianggap yang pemula yang mungkin baru saja belajar, 5 tahun kedepan dia akan tetap sebagai pemula, bisa jadi dia jauh lebih baik dan lebih mumpuni dari yang ahli di masa sekarang :)

maka terus terang kalaupun ada penggolongan crafter beginner, intermediate atau ahli, menurut pendapat saya pribadi, kita ini sama sama belajar :) sama sama berbagi pengalaman, dan sama sama berbagi kesenangan dan kebahagiaan :)

makanya saya tidak bermaksud untuk menepuk dada dan berkata woh iki lho aku wis tuwek wis senior wis nyekel craft kaet cilik :) lalu saya ndak mau belajar dari yang pemula, meremehkan yang baru belajar :)
dan juga buat yang baru belajar, jangan selalu merendahkan diri, dan selalu berkata, saya pemula belum bisa apa apa jadi harus banyak belajar :) iya harus banyak belajarnya itu bener wis :) tapi bukan hanya yang pemula yang harus banyak belajar, yang sudah tua seperti saya juga harus update dan tetap belajar :)

maka dalam craft kita belajar bersama, sharing bersama, yang lebih tahu memberikan masukan, yang belum tahu berbesar hati untuk menerima ilmu baru :) saling mengkritik, saling menegur, saling membangun :) senioritas menurut saya hanya masalah menghargai, meskipun saya juga selalu beranggapan bahwa yang senior juga harus menghargai yang yunior dan jangan merasa tersaingi kalau yuniornya lebih berprestasi :)

well namanya hidup di dunia kan waktu berputar silih berganti, seperti roda, maka ketika kita diatas jangan megaya sok sok an, dan ketika kita dibawah ayo usaha supaya ketika kita naik ke atas kita bisa membantu yang berada di bawah :)

maka mari kita saling bahu membahu karena dengan craft, teman kita bertambah, dan dengan banyaknya teman kita akan selalu berbahagia, seperti yang pernah ditulis seorang sahabat saya pada kartu ucapan untuk saya dulu :
berbaiklah sesama kawan, dari pintu yang telah dibukakan :)

mari... kita nge-craft saja ya :)))



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...