utak atik kancing :)


kalau dulu, kita mengenal kancing sebagai pengait baju supaya tertutup, kemudian fungsi kancing bisa juga menjadi hiasan hiasan pemanis baju.
sekarang kancing sudah menjadi salah satu dari sekian banyak elemen yang digunakan sebagai bahan craft :)

kancing bisa menjadi hiasan hiasan pada boneka, dijadikan tambahan pada sulaman biasa, penghias kartu, bahkan ada juga kan yang menggunakan kancing sebagai bahan utama :)

nah saya akan menulis tentang bagaimana saya mengorganisir kancing kancing saya ini :)

sebenarnya ide mengorganisir kancing ini sudah banyak di media internet, tapi saya menuliskan apa yang saya lakukan di rumah dan alasan alasannya :)

kancing banyak sekali macam macamnya, mulai bentuk, ukuran dan bahan :) dari kayu, plastik, tulang, porselen dan kain sampai flanel :) dan saya menyimpan kancing pada wadah wadah tertentu sehingga memudahkan saya untuk mencarinya bila membutuhkan dan selain itu juga karena saya menjual sebagian kancing kancing yang saya beli :)

wadah yang saya gunakan biasanya kotak plastik yang bersekat dengan botol botol kaca bening :)


wadah kotak plastik dengan sekat sekat :) enak sih memang, praktis dan kalau butuh baik untuk dijual maupun dipakai gampang dicarinya, cuma kekurangannya ya itu, ndak bisa sebagai elemen dekoratif :) sedangkan yang pake toples atau botol bekas, terlihat cantik jika diletakkan di lemari :)  makanya beberapa kancing yang cantik cantik warnanya saya tempatkan diwadah2 botol kaca bekas minuman vitamin dan tempat bekas selai atau mayonaise dengan berbagai ukuran :) lumayan supaya lemari dagangan terlihat meriah :)

cara saya menyimpannya ada beberapa macam juga :)

1. menyimpan kancing yang sama bahannya dalam 1 wadah. kalau kita kebetulan memiliki kancing yang bahannya sama tapi hanya memiliki sedikit jumlah maing masing warna ukuran dan model, kita bisa satukan dalam toples yang agak besar, contohnya saya meletakkan semua kancing berbahan flanel dalam satu wadah, ndak perduli motifnya, ukurannya dan warnanya, yang penting bahannya sama :)


2. menyimpan kancing dalam 1 botol yang sama jenisnya :) biasanya jika kancing saya jumlahnya masih sangat banyak, maka saya akan menimpan per botol 1 jenis kancing yang sama ukuran model dan warna, biar ndak bingung jika ada yang mau membeli :) sebenarnya sih metode ini paling enak, memudahkan kita dalam pencarian, cuma kekurangannya kita harus menyiapkan banyak sekali wadah sesuai jenis kancing kita :) agak beribet karena makan tempat :))


3. menyimpan kancing sesuai bahan dan model hanya saja beda warna :) ini jika kita memiliki satu motif kancing yang sama ukuran dan warnanya berbeda beda tapi jumlahnya tidak banyak, seru karena kita bisa menatanya per layer :) kalau memang mau dijadikan pajangan, tapi kalau kita sering sering membutuhkan dijamin akan tercampur aduk :) makanya saya jarang menyimpan dengan cara begini :) tapi mungkin lucu juga kok kalau diletakkan di toples memanjang :)

4. untuk teman teman yang terbiasa membuat proyek berdasarkan warna, dan pemilihan kancingnya lebih karena kecocokan warna dengan bahan lain, seperti pencinta scrapbook atau kartu atau yang menggunakan kancing sebagai  bahan menyulam atau melukis, maka saya akan menyarankan penyimpanan yang terakhir ini :) kita menyatukan kancing kancing, ndak perduli dengan bentuk dan ukuran melainkan difokuskan pada warna :)  dan ketika di pajang ok juga kok yang begini ini :)


sudah dulu ya cerita saya tentang cara meng-organisir kancing kancing milik saya, semoga bermanfaat buat teman teman :)

sampai ketemu lagi :)
salam

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...