kertas rusak? dibuang sayang :)


Adakah diantara teman teman yang pernah mengalami kejadian seperti diatas? simpanan harta karun kita tiba tiba sobek...bagi saya ini tentu saja menyakitkan... karena yang begitu kan bisa disulap menjadi kartu cantik atau pembatas buku :)

nah kebetulan kemarin saya menemukan kertas yang rapuh, dan akhirnya sobek... kalau ditanya sebabnya, kemungkinan karena kelembaban di rumah saya sangat tinggi, meskipun saya telah berjaga jaga dengan meletakkan "DEHUMIDIFIER" tapi kadang kejadian diluar dugaan kan bisa saja terjadi, selain kelembaban rumah, bisa jadi juga karena pola embos yang digunakan memanjang dan sejalur dengan serat kertas, maka kertasnya pun pecah, juga berkaitan dengan jenis kertas yang di embos, tapi selain penjelasan kelembaban, itu hanya perkiraan saya saja, setelah mengamati embos atau pola timbul yang tidak memanjang semuanya terlihat baik baik saja :) 


melihat beberapa kertas sejenis dan belum rusak parah, maka saya mengambil tindakan penyelamatan, soalnya kalau misalnya semata mata dibuang kan sayang ya :) maklum ibu rumah tangga, memang harus selalu melakukan tindakan pengiritan :) 

maka yang dibutuhkan adalah kertas dengan ketebalan 100gr dan lem :) selanjutnya rekatkan kertas berpola timbul pada kertas (kertas bekas juga bisa, karena toh kedua belah sisinya akan tertutup nantinya) tunggu sampai merekat dengan sempurna :)




rapikan sisa sisa kertas penguat sehingga lembaran kertas dengan motif timbul siap untuk disimpan, atau jika ingin langsung dipergunakan juga bisa :) 


nah sekarang kertas kertas siap digunakan untuk menghias kartu :)
semoga info ini bermanfaat terutama buat yang rumahnya memiliki kelembaban tinggi seperti rumah saya :) 

oh iya cara diatas juga bisa digunakan untuk menyimpan kertas kertas yang lumayan tipis dan rapuh... :)
selamat memeriksa persediaan kertas di rumah ya :) dan segera selamatkan yang bisa diselamatkan :)


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...