membakul sebuah usaha kecil kecilan :)


pada awalnya saya menulis blog ini adalah untuk mendokumentasikan karya saya yang berkaitan dengan kerajinan tangan, menjadi tempat menjajakan atau pamer pamer karya. kemudian pada perkembangannya saya juga menuliskan tentang "dibalik cerita karya karya saya" dan "kegiatan saya berkaitan dengan kerajinan tangan atau craft" :) terus berlanjut sampai saya juga membuat tutorial, sehingga saya bisa berbagi bagaimana tips dan trik saya dalam membuat sebuah karya, juga termasuk mengorganisir barang barang berkaitan dengan craft :) sampai kemudian, pada hari ini saya berpikir lain :)  rasanya saya juga perlu berbagi tentang hal hal yang saya kerjakan, yang masih berkaitan dengan craft, yaitu bagaimana kita berusaha menjual apa yang kita buat :)
maka mulai dari posting ini, jika anda melihat tag atau topik tentang "usaha kecil kecilan", dapat dipastikan itu adalah bagian dari apa yang saya lakukan dengan craft maupun toko kecil yang saya punya (tokonya cikimung).

Saya akan berusaha berbagi tentang apa saja sebisa saya, dan oh iya jika kemudian teman teman membaca kata "bakul" maka itu berkaitan dengan "usaha berjualan". bakul bisa diartikan berjualan dalam bahasa jawa, dan saya senang menggunakan kata membakul karena kesannya sederhana dan toh memang yang saya jual juga barang barang yang jauh dari kesan wah :) semoga keinginan saya untuk bisa menulis tentang usaha kecil kecilan ini bisa saya lakukan dengan konsisten, selain tetap mem-posting tentang karya saya berikut cara pembuatannya :) dan saya harap bisa memberikan manfaat untuk teman teman semuanya :)

lalu kalau saya harus memulai di artikel tentang membakul ini :) maka saya katakan bahwa saya memilih profesi ini dengan sadar dan telah melalui proses diskusi dan restu dari suami :) maka berjualanlah saya :) yang saya jual tentu saja apa yang saya suka, barang barang yang cute, buku buku, bahan bahan craft dan hasil karya saya berupa handmade by kikols :)

tapi alasan saya berjualan memang bukan semata mata sebagai mata pencaharian, ini juga yang membuat saya lebih santai dan tidak dikejar target, terutama ketika berdagang craft :). sebenarnya tujuan utama saya berkaitan dengan craft ini adalah bereksperimen dan berkarya, dan untuk membiayai eksperimen dalam berkarya yang merupakan sumber kebahagiaan buat saya,  sayapun berdagang. Begitu juga mengapa saya berdagang buku, maka jawabannya karena saya ingin punya perpustakaan kelak dikemudian hari :) jadi yang sebagian dan laku dijual, yang tidak laku ya disimpan :) sedangkan barang unik ya sama saja, yang laku di jual, dan yang tidak laku kan bisa saya gunakan untuk kado atau hadiah buat para keponakan :)

maka atas dasar itulah ketika saya bereksperimen, saya berkeinginan membagi tips dan triknya pada teman teman, karena apa? karena sebagian teman teman sudah membeli dagangan saya dan telah berkontribusi untuk membantu saya dalam menyediakan bahan :)

tapi tentu saja tujuan berdagang akan banyak dan bermacam macam :) tidak semua orang harus memiliki pemikiran yang sama dengan saya :) meskipun tentu saja tidak dilarang untuk mengambil manfaat dan menggunakan cara yang sama seperti saya :)

tulisan ini tentu saja baru cerita pembuka untuk tulisan tulisan yang berkaitan dengan membakul dan nge-craft :) dan kelak jika saya benar benar telah menulis banyak hal, maka mohon diperhatikan bahwa tidak semua yang saya tulis disini mutlak benar dan harus diikuti :) terus terang saya akan menulis sejujurnya apa yang terjadi pada saya, maka pengalaman saya itu silakan saja diikuti jika memang cocok dan sesuai untuk diterapkan oleh teman teman semua :)

maka saya berharap semoga ke depannya blog ini bisa memberi manfaat buat teman teman ya :)
jika ada pertanyaan atau usulan silakan meninggalkan pesan, email atau sms :)

terimakasih ya sudah mau meluangkan waktu membaca blog saya :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...