dokumentasi karya anak anak :)


sebelumnya saya minta maaf dan tidak bermaksud menggurui :) terutama karena saya memang belum dikaruniai anak :) tapi berdasarkan curhat curhat dengan para ibu dan pengalaman saya ketika kecil, maka saya menulis tips ini buat para ibu :) dan semoga ada manfaatnya, tapi jika ibu sudah melakukannya dengan anak anak, maka saya akan mengacungkan jempol untuk ibu dan anaknya :)

anak anak tidak lepas dengan kegiatan kreatif atau membuat sesuatu atau mencipta :) semua anak pasti pernah merasa sok sibuk, pernah ingin membuat ini itu dan semua kendalanya bukan dari kemampuan mereka, melainkan dari fasilitas orang tua dan dukungan buat mereka :)

banyak orang menganggap kreativitas anak tak lebih dari sampah yang tidak berguna, dan sering kali anak diarahkan untuk membuat sesuatu yang berdaya guna dan atau kalau bisa menjadi pajangan atau laku dijual :) padahal saya selalu beranggapan kreasi anak bukan terletak pada hasilnya, melainkan pada keinginannya, bagaimana dia mengungkapkannya dan berkarya dengan pikirannya sendiri :)

ketika saya kecil, saya juga memiliki banyak keinginan, ingin membuat ini, ingin membuat itu dan masih banyak lagi, bersyukur saya memiliki orang tua yang penuh dukungan, sehingga untuk bermain yang berkaitan dengan proses kreasi, penciptaan semua akan difasilitasi :) termasuk kertas, alat mewarnai dan banyak lagi :) tidak semua yang saya buat ketika itu bisa terlihat bagus, tapi seingat saya, ketika saya tinggal di kalimantan, dimana dinding kamar saya terbuat dari kayu dan memiliki bagian yang menonjol untuk memberi kekuatan pada struktur dinding, disitulah saya meletakkan koleksi dan karya saya, atas pantauan atau persetujuan ibu saya :) maka tidak semua boleh dipajang, karena harus juga mengikuti kaidah keindahan, begitu kata ibu saya, dan buat anak anak yang cepat bosan maka memang tidak masalah, karena pajangan itu kan bisa berganti sesuai dengan kreasi baru dan kebosanan mereka :)

sekarang, jaman sudah berganti :) saya pikir dengan adanya teknologi dan media yang super canggih seperti sekarang ini, maka ibu ibu bisa melakukan lebih maksimal lagi terhadap karya anak anak yang seringkali dianggap sebagai sampah :) saya pikir ada baiknya ibu mulai mendokumentasi karya anak anaknya :)
membuat suatu blog atau page di facebook untuk menampilkan karya karya mereka sambil di dorong untuk menulis, apa maksud mereka membuat itu, cerita dibalik karya dan seterusnya, sedangkan bagi yang anaknya masih kecil, ibu bisa membantu untuk menuliskan apa yang diucapkan anak tentang karyanya :)
dengan begitu saya yakin bahwa anak anak akan bahagia jika karyanya bisa dilihat dan dikomentari oleh teman atau sahabat atau kerabat dekat, sehingga mereka terpicu untuk membuat lebih baik lagi :)

jadi ibu ibu, mari kita mulai dokumentasikan karya anak anak kita :) sehingga kelak mereka bisa tahu dan mengenang banyak hal hal kreatif yang telah mereka hasilkan :)

sampai jumpa di tips berikutnya ya :)

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...