tulisan saya akhirnya menjadi buku :)

memang ini bukan sepenuhnya masuk dalam handmade by kikols, tapi karena semua gambarnya adalah hasil goresan tangan saya, maka saya pikir boleh lah untuk masuk dalam katagori buku dengan handmade drawing :)

maka saya akan bercerita sedikit tentang tulisan saya yang akhirnya bisa menjadi sebuah buku, bisa dikatagorikan sebagai curhat crafter yang ternyata kadang mendua dengan bidang yang digelutinya :)
maka kisahnya saya mulai dari sini :)





bisa membuat buku dalam artian diterbitkan, mungkin merupakan pencapaian tertinggi dari banyak orang :) saya mungkin salah satunya, akan bahagia jika kemudian tulisan tulisan saya bisa dikumpulkan dan dicetak menjadi sebuah buku, dicetak dan diterbitkan... lebih jelasnya begitu :) tapi saya memang bukan termasuk orang terlalu yakin bahwa buku saya akan dicetak dan diterbitkan, karena siapalah saya ini :) ibu rumah tangga yang kadang keparat kadang jadi ibu peri, kadang bakul anyi anyi kadang crafter kuclukan, it's complicated, kalo kata status di media sosial jaman sekarang hahaha, dan mengirimkan naskah ke penerbit kan membutuhkan nyali sendiri, karena menanti penerbit mau menerbitkan tulisan saya itu seperti "menanti godot" atau berjarak 300tahun cahaya :D hahahahaha maka dengan kesadaran penuh akhirnya saya memang memilih menjadi lady blogger saja :)

seingat saya, tulisan saya bermula ketika masih sd, saya membuat puisi tentang perang libanon :D jadi bisa dikira2 tahun berapa itu, puisi yang saya tulis pada secarik kertas itu kemudian terbaca ayah saya, yang kemudian bertanya "ini puisi siapa?" saya menjawab "oh bukan aku nemu di majalah" mengambil kertasnya dan saya robek lalu buang :) kemudian ayah saya berkata "tapi puisinya yang tadi kamu buang itu bagus lho" saya sudah terlalu malu dan merasa berdosa karena menulis puisi diam diam, cuma bisa merasa bangga :) bagus? wow :D dan mungkin ayah saya saat itu tahu bahwa saya menurun bakat dari dia tentang isi kepala yang penuh dengan kata kata :D

saya kemudian menulis dan menulis, apa saja bisa saya tulis, hanya sejak remaja saya memang lebih nyaman menulis puisi, karena ringkes tapi cepat melegakan, hahaha :) maka banyak banyaklah saya menulis puisi dengan gaya yang aneh2 :) dan kumpulannya masih ada sampai sekarang :)

tahun 2003 ketika saya memutuskan menjadi ibu rumah tangga :) adik saya bilang bahwa saya bisa menulis di internet, di blog, maka ini adalah awal kebahagiaan saya :) dunia terasa sangat bersahabat, maka saya kemudian membuat blog yang masih berisi puisi saja :D lumayan buat ekspresi dan dokumentasi tulisan saya :) ini awal mulanya :)

dari hanya menulis puisi kemudian saya menulis cerpen dan dari sekian banyak cerpen yang saya buat jawabannya : saya agak gagal total jika harus bermain main dengan fiksi :) saya ternyata ndak bisa pergi menjadi bukan kiki :) maka okelah saya belajar lagi dan mulai menulis tentang saya, tentang ibu rumah tangga, tentang sekitar dan tentang apa saja yang menarik perhatian saya, dari sudut pandang saya yang memang kadang agak kabur hahaha :)

dalam perjalannya saya mendapat banyak pengayaan dari kritikus kritikus yang tak lain teman sendiri yang tetap obyektif untuk nyacati karya karya saya :) that's what friends are for :) saya memang butuh pecutan teman, butuh cacian dan kritikan dan perlakuan super memeti yang kadang terasa "annoying2 manis" :) hahahaha

perjalanan saya akhirnya sampai pada kenekatan seorang sahabat untuk mendukung saya mewujudkan impian :) dan memilih salah sekian dari model tulisan saya, dan pilihan itu jatuh pada kumpulan tulisan tentang murid murid saya, tulisan yang didasari kecintaan saya pada anak anak :) tulisan sederhana, yang semoga bisa membuka mata kita bahwa, anak anak adalah dunia yang menyenangkan, yang harus tetap kita ingat kesederhanaanya dan menjadi pijakan kita dalam menjalani kehidupan kita :) dan seperti cheft terkenal hari ini saya bisa berkata : this is it : my first book from kikols project :)

bahagia? iya sangat bahagia :) senang dan gembira, cuma satu yang menjadi pertanyaan saya... layakkah buku saya? layakkah saya menyebut sebagai penulis? kita tunggu saja, yang jelas saya hanya perlu sampai pada titik dimana saya berkarya, layak tidak layak, bagus tidak bagus itu urusan kemudian :) yang penting kepala saya tidak kebek dengan kata kata :)

well selamat menunggu buku saya ya :)


*tulisan ini telah dilakukan sedikit perbaikan dari yang ditulis pada note Facebook 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...