japanese paper crafts - indonesian crafter's march challenge

indonesian crafter kembali lagi mengadakan challenge bulanan, nah tema bulan ini adalah country, apa yang menjadi khas suatu negara :) dan bulan ini juga saya agak sedikit kurang kreatif :) tidak menampilkan sesuatu yang baru dalam artian "fresh from the oven" dan belum pernah di publikasi sebelumnya, melainkan saya membuat kolase foto foto karya saya yang pernah saya publikasi di blog maupun di page handmade by kikols di facebook :D tapi eh ini memang boleh, dan memenuhi persyaratan, karena untuk ikut di challenge indonesian crafter memang ndak harus karya baru, karya lama juga boleh, asalkan sesuai dengan tema :)

trus kalau kemudian ada yang bertanya, kok tumben ndak kober membuat yang baru atau ndak main main kebut maut seperti sebelumnya :) maka jawabannya : saya masih terjangkit "mudiklag" hahahaha, ini istilah saya untuk menjelaskan bahwa setelah mudik ke kampung halaman, saya butuh waktu untuk menyesuaikan lagi dengan ritme di rantau orang :)

oh iya saya memilih tema negara jepang dan judul tema saya adalah : "JEPANG - kerajinan kertas" karena saya mencintai jepang dengan tradisi dan kerajinan tangannya juga karena sejak kecil saya begitu familiar dengan jepang, ayah saya bekerja di perusahaan jepang sejak saya dilahirkan dan nama kiki ditambahkan selayaknya nama gadis cilik di jepang :) 


nah saya juga akan bercerita kisah dibalik foto foto tersebut secara singkat :) berdasarkan kronologi pembuatan :)

  • BONEKA WASHI 
tahun 2001 - 2002 saya memiliki banyak waktu luang :) sambil mengerjakan tugas akhir kuliah,  pekerjaan saya sehari hari hanya membaca buku dan browsing internet, sampai suatu hari saya menemukan website tentang Pusat Kebudayaan Jepang di Jakarta yang mengadakan workshop tentang boneka washi :) maka dengan semangat 45 sayapun mendaftar dan mengikutinya :) foto boneka ini adalah karya boneka washi saya yang pertama, yang masih saya simpan hingga sekarang (dan semoga tidak hilang) sebagai kenang kenangan karya pertama saya.


  • PEMBATAS BUKU PAPER DOLL 
pembatas buku paper doll ini saya buat sebagai souvenir pernikahan adik sepupu saya di tahun 2009. yang menarik saat itu, saya tidak menemukan kertas krep yang bagus untuk rambut, akhirnya saya menemukan dan menggunakan kertas krep hitam buatan india yang karakteristiknya  sangat berbeda dengan kertas krep hitam dari jepang, saat itu saya harus ber-eksperimen dengan bermacam macam lem untuk menghasilkan rambut yang bagus, tapi justru dari situ saya bisa memodifikasi model rambut dan membuatnya terlihat tergerai :) cerita selengkapnya tentang pembatas buku souvenir ini bisa dibaca di posting saya sebelumnya. 


  • BUNGA KANZASHI DARI KERTAS CHIRIMEN 
bunga kanzashi sebenarnya merupakan bunga yang dibuat dari kain, baik satin maupun sutra, yang biasanya dijadikan penghias sanggul wanita jepang, nah pada suatu hari saya ingin ber-eksperimen dengan kertas chirimen, ingin mencoba apakah kertas chirimen yang saya punya itu bisa dijahit atau tidak, dan eksperimen itu berakhir di sini, dengan membuat bunga kanzashi, yang akhirnya tidak dijahit, melainkan ditempel :) menyenangkan juga, hanya sayangnya saya belum sempat membuat tutorialnya :) padahal sudah berjanji pada beberapa teman :"> semoga saya bisa segera mewujudkan, menyempatkan membuat tutorialnya dan memenuhi janji saya :) 


  • SIMPLE ORIGAMI PATCHWORK
ini termasuk karya saya yang terkini :) origami patchwork dengan lipatan tradisional berupa kincir angin yang sangat sederhana :)saya sengaja membuat lipatan sederhana agar bisa menggunakan kertas kertas berukuran kecil, dan saya memang suka bermain origami dengan kertas bujur sangkar yang kecil. biasanya saya membuat dengan range kertas 7.5cm sampai 3cm, dan cerita lengkapnya bisa dibaca pada posting saya sebelumnya :) 



begitulah cerita tentang foto yang saya kirimkan untuk march challenge IC :) semoga di bulan mendatang saya bisa membuat karya baru dan ndak hanya memamerkan karya lama :) 

dan buat yang tertarik ingin melihat karya teman teman yang lain silakan klik disini ya :) 
sampai jumpa bulan depan :))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...