paper doll :D

sejak kecil saya suka boneka :) meskipun tidak bertahan lama, karena akan di"odot2" atau di-"preteli" atau segera rusak sebagai bahan eksperimen dengan kakak saya :) maka karena itulah, saya hanya memiliki sedikit boneka :)

dan di awal tahun 2000an, ketika saya punya banyak waktu luang disela melanjutkan sekolah, saya sempat mengikuti kursus membuat boneka washi (boneka khas dari jepang yang terbuat dari kertas khusus yang bernama kertas washi) maka kecintaan saya pada boneka kertas semakin menjadi :) ya suka lah, kalau harus membuat dengan mencoba coba :) nah di bawah ini adalah foto2 boneka kertas yang pernah saya buat yang sempat terdokumentasi karena masih disimpan sebagai kenang kenangan atau yang sempat terfoto sebelum dijual :) dan eh beberapa model ada yang lupa terdokumentasi, tapi ah sudahlah nanti kapan kapan saya bikin lagi :) saya juga sertakan cerita singkat dibalik pembuatannya :)


boneka jepang ini menggunakan kimono yang sesuai dengan pelajaran yang saya dapat pada kursus boneka washi di Pusat Kebudayaan Jepang di Jakarta, perbedaannya hanya sizenya yang lebih kecil dan rambutnya yang megar :) oh iya paper doll ini adalah souvenir pada acara resepsi sepupu saya :)


pengantin jepang ini saya buat berdasarkan ingatan saya akan foto foto pernikahan teman ayah saya :) karena pada saat saya membuatnya, saya masih belum memiliki buku tentang washi doll :) saya hanya mencoba coba dan syukurlah hasilnya lumayan, sehingga saya tetap menyimpannya sejak dibuat pada kisaran tahun 2001


saat kurang kerjaan saya tiba tiba tergerak untuk membuat paper doll dalam balutan pakaian modern :) kebetulan saya menemukan kertas origami motif bunga kecil kecil :) 


model berbaju kurung ini saya buat sebagai contoh untuk souvenir sebuah restaurant :) meskipun projectnya kala itu tidak goal karena alasan yang saya kurang paham, tapi saya bahagia sudah berusaha dan bereksperimen dengan model baju yang berbeda :) 


gadis berkebaya dengan model kutubaru adalah favorit saya :) rasanya kok saya kembali ke jaman saya kecil menyaksikan nenek saya mematut diri menggunakan kain jarit dan kebaya. model ini berkali kali saya buat dengan model rambut yang berbeda beda :) hanya saja tanpa sempat saya dokumentasikan sudah laku duluan :) dan yang di foto ini saya gunakan untuk kegiatan craft duel di group msf  :)  


bisa jadi paper doll ini dianggap menggunakan baju adat padang, tapi sebenarnya di madura pun pada masa lalu beberapa wanitanya juga berkerudung seperti ini :) 


sampai disini dulu ya cerita tentang paperdoll yang pernah saya buat dan sempat terdokumentasi :) mudah mudahan bisa menginspirasi teman teman untuk mencoba coba dalam pakaian yang lainnya :)

sampai jumpa di posting selanjutnya :) 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...